Jum'at, 24/11/2017   
Informasi Yang Perlu Diketahui
Menurut Anda Tampilan Web Site ini
Sangat bagus
Bagus
Sedang
Jelek
 

Dewasa ini, telah timbul kebutuhan dari masyarakat, akan adanya informasi yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan obat, suplemen makanan, obat tradisional, kosmetika dan makanan. Hal ini disebabkan karena banyaknya jenis obat yang diproduksi (therapeutics explosion) oleh industri farmasi setiap tahunnya yang diikuti dengan informasi produk yang obyektifitasnya masih diragukan. Selain itu, bersamaan dengan perkembangan produk obat-obatan, informasi yang berkaitan dengan perkembangan obat tersebut juga semakin banyak. Sampai saat ini telah diketahui bahwa terdapat lebih dari 20.000 jenis jurnal medis yang beredar di seluruh dunia. Ledakan informasi (information explosion) ini dapat menyulitkan para pengguna informasi, dalam memilih ketepatan atau kebenaran informasi yang dapat dijadikan sebagai acuan.

Akibatnya, diperlukan suatu pelayanan informasi obat dan makanan kepada masyarakat yang dapat menjamin diperolehnya informasi yang benar dan obyektif. Pelayanan informasi obat yang dikelola oleh sumber daya manusia yang berkompeten merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat ditunda lagi.

Pusat Informasi Obat dan Makanan (PIOM) Badan POM sebagai rujukan dari pusat informasi obat yang ada di Indonesia  mengembangkan dan membina semua bentuk pelayanan informasi obat. PIOM juga  menghasilkan produk informasi yang dapat dijadikan acuan dalam mendapatkan informasi yang shahih dan mutakhir dan juga menjadi tempat peningkatan kompetensi bagi para apoteker dalam menjalankan pelayanan informasi obat. Web Informasi Obat ini merupakan produk informasi yang ditujukan untuk dapat memenuhi kebutuhan  tersebut.