ENGLISH

Home

About NA-DFC

INDONESIA 

Halaman Utama

Tentang Badan POM
    BADAN POM
Berita Aktual
Siaran Pers/Peringatan Publik
Peraturan
Brosur
Publikasi
    KOMODITI
Reformasi Birokrasi 
e-Registrasi 
Notifikasi Kosmetik Online
Daftar Antrian Elektronik
Produk Obat dan Produk Biologi
Produk OT, SM dan Kosmetik
Produk Pangan
ULPK
Informasi Obat
Informasi Keracunan
Obat Bahan Alam Ind
Sistem Keamanan Pangan Terpadu
    SPECIAL INTEREST
Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)
Pengumuman Pengadaan Barang dan Jasa
Balai Besar / Balai POM
e-bpom - NSW
Perpustakaan
Web Mail BPOM
e-rekrutmen Badan POM
 
::  | |

 

Pencarian Dokumen berdasarkan Tanggal : s/d  

BERITA AKTUAL
20 October 2011  (PIOM > Reformasi Birokrasi)
Penggalangan Komitmen Badan POM untuk melakukan Reformasi Birokrasi yang ditandai dengan penerapan QMS

Dalam rangka percepatan Reformasi Birokrasi Badan POM, telah dilaksanakan Penggalangan Komitmen Badan POM untuk melakukan Reformasi Birokrasi yang ditandai dengan penerapan QMS.

Acara tersebut yang dibuka oleh Kepala Badan POM RI, Dra Kustantinah Apt M App.Sc, telah dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2011 bertempat di Aula Gedung C Badan POM dengan dihadiri oleh seluruh ketua unit kerja Badan POM , baik di Badan POM Pusat maupun Balai Besar/Balai POM dari seluruh propinsi di Indonesia.

Dalam Dokumen Roadmap Reformasi Birokrasi 2010-2014, diharapkan keadaan birokrasi sudah berhasil mencapai peningkatan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme; Kualitas pelayanan publik; Kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi; dan profesionalisme SDM Aparatur

Sebagai suatu institusi yang ditasbihkan keberdiriannya karena publik membutuhkan, tentu Badan POM RI menginginkan dan diinginkan untuk memberikan pelayanan paripurna kepada masyarakat. Dan oleh karena kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, demikian juga tuntutannya, maka Badan POM RI juga harus menjadikan proses perbaikan terus menerus menjadi urat nadi sekaligus darah kehidupan berorganisasinya.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki secara terus menerus pelayanan yang diberikannya kepada masyarakat adalah dengan memberikan jaminan terhadap mutu pelayanan itu sendiri. Seperti diketahui bahwa pelayanan yang diberikan Badan POM merupakan hasil atau ujung dari suatu proses yang panjang yang melibatkan sebagian atau bahkan seluruh unit kerja yang berada di Badan POM. Mutu pelayanan yang membaik, merupakan hasil dari sistem mutu yang terintegrasi dengan baik pula dalam business process Badan POM, dan sekaligus merupakan “janji” kepada masyarakat seperti yang dicantumkan dalam Grand Strategy. “Janji” tersebut terdiri dari apa saja yang akan dilakukan, dalam jumlah dan jenis apa saja pelayanan tersebut diberikan serta berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam pelayanannya kepada masyarakat. Dengan demikian, di tahun-tahun ke depan dapat diukur seberapa peningkatan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Untuk menjamin secara keseluruhan business process Badan POM terlibat dan terintegrasi untuk menghasilkan pelayanan kepada masyarakat sesuai janji Badan POM dalam grand strategy, Badan POM mengedepankan paradigma ke arah kesisteman.

Pola pikir kesisteman, dituangkan dalam penerapan sistem manajemen mutu (quality management system – QMS). Dengan paradigma yang berubah mengarah pada kesisteman ini, diharapkan terjadi peningkatan kinerja baik mutu maupun kuantitas output.

 

Pusat Informasi Obat dan Makanan

 

 





:: Foto Kegiatan ::

Visi dan Misi

Visi Badan POM
Menjadi Institusi
Pengawas Obat dan
Makanan yang Inovatif,
Kredibel dan Diakui
Secara Internasional
untuk Melindungi
Masyarakat.


Misi Badan POM
1. Melakukan
Pengawasan
Pre-Market dan
Post-Market Berstandar
Internasional.

2. Menerapkan Sistem
Manajemen Mutu Secara
Konsisten.

3. Mengoptimalkan
Kemitraan dengan
Pemangku Kepentingan
di Berbagai Lini.

4. Memberdayakan
Masyarakat agar
Mampu Melindungi
Diri dari Obat dan
Makanan Yang Berisiko
Terhadap Kesehatan.

5. Membangun
Organisasi Pembelajar
(Learning Organization).

Fungsi Badan POM

Fungsi Badan POM
1. Pengaturan, Regulasi,
dan Standardisasi.

2. Lisensi dan
Sertifikasi Industri
di Bidang Farmasi
Berdasarkan Cara-cara
Produksi yang Baik.

3. Evaluasi Produk
Sebelum Diizinkan
Beredar.

4. Post Marketing
Vigilance Termasuk
Sampling dan
Pengujian Laboratorium,
Pemeriksaan Sarana
Produksi dan Distribusi,
Penyidikan dan
Penegakan Hukum.

5. Pre-audit dan
Pasca-audit Iklan
dan Promosi produk.

6. Riset Terhadap
Pelaksanaan Kebijakan
Pengawasan Obat
dan Makanan.

7. Komunikasi, Informasi
dan Edukasi Publik
Termasuk Peringatan
Publik.

  Total Visits :
     ° 1 User Online
Best   viewed   with
IE 4.0 or later.
(1024 x 768 pixel)

SiteMap
Badan POM (NA-DFC)
Jl. Percetakan Negara No.23 - Jakarta 10560 Indonesia
Telp: (021) 4244691/42883309/42883462, Fax: (021) 4263333
Email: Informasi@pom.go.id
Copyright © 2010 Badan Pengawas Obat dan Makanan - Indonesia.
All rights reserved.