ENGLISH

Home

About NA-DFC

INDONESIA 

Halaman Utama

Tentang Badan POM
    BADAN POM
Berita Aktual
Siaran Pers/Peringatan Publik
Peraturan
Brosur
Publikasi
    KOMODITI
Reformasi Birokrasi 
e-Registrasi 
Notifikasi Kosmetik Online
Daftar Antrian Elektronik
Produk Obat dan Produk Biologi
Produk OT, SM dan Kosmetik
Produk Pangan
ULPK
Informasi Obat
Informasi Keracunan
Obat Bahan Alam Ind
Sistem Keamanan Pangan Terpadu
    SPECIAL INTEREST
Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)
Pengumuman Pengadaan Barang dan Jasa
Balai Besar / Balai POM
e-bpom - NSW
Perpustakaan
Web Mail BPOM
e-rekrutmen Badan POM
 
::  | |

 
 

PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
REFORMASI BIROKRASI BADAN POM RI


Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 103 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2005 Berdasarkan peraturan perundang-undangan tersebut, Badan POM melaksanakan Tugas Pemerintahan di bidang Pengawasan Obat dan Makanan. Pengawasan Obat dan Makanan merupakan bagian integral dari upaya pembangunan kesehatan di Indonesia. Misi Badan POM dalam melindungi masyarakat dari produk Obat dan Makanan yang membahayakan kesehatan dituangkan dalam sistem pengawasan full spectrum mulai dari pre-market hingga post-market control yang disertai dengan upaya penegakan hukum dan pemberdayaan masyarakat (community empowerment).

Peraturan Presiden Nomor 81/2010 menegaskan bahwa pada tahun 2011 seluruh Kementerian dan Lembaga telah mewujudkan komitmen melaksanakan proses Reformasi Birokrasi secara bertahap untuk mewujudkan Visi Reformasi Birokrasi 2025. Visi Reformasi Birokrasi adalah “Terwujudnya Pemerintahan Kelas Dunia”, yaitu pemerintahan yang profesional dan berintegritas tinggi yang mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan manajemen pemerintahan yang demokratis. Visi RB tersebut adalah keputusan strategis untuk memaksimalkan peran aparatur birokrasi guna mewujudkan visi pembangunan nasional berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional, yaitu: “Indonesia yang Mandiri, Maju, Adil dan Makmur”.

Dalam rangka tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik, Badan POM diwajibkan melaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) secara menyeluruh yang dilaksanakan bertahap 5 (lima) tahunan sampai tahun 2025.

[Detail..]

 

Tujuan Reformasi Birokrasi di Badan POM

Tujuan Reformasi Birokrasi di BPOM secara umum yaitu kinerja birokrasi Badan POM menjadi lebih efektif dan efisien melalui pendekatan yang sistematik untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang baik dan menciptakan aparatur Negara yang bersih, profesional dan bertanggung jawab.

 

Surat Keputusan Pembentukan Tim RB Badan POM
Keputusan Kepala Badan POM RI Nomor HK.04.243.05.11.2267 tentang Pembentukan Tim Reformasi Birokrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia 

 

8 Area Perubahan

  1. Pola Pikir dan Budaya Kerja
  2. Penataan Perundang-undangan
  3. Penataan Organisasi
  4. Upaya Perkuatan Organisasi - Aspek Sistem dan Tatalaksana
  5. Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur
  6. Penguatan Pengawasan
  7. Penguatan Akuntanbilitas Kinerja
  8. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Berita Reformasi Birokrasi
  1. Pelatihan Dokumentasi ISO/IEC 17025:2005 dan ISO 9001:2008
  2. Sosialisasi Pemanfaatan SIPT ke 31 Balai POM
  3. Sosialisi Fitur Baru e-bpom - NSW
  4. Bimbingan Teknis Pelatihan Verifikasi dan Validasi Metode
  5. Penerapan Continuous Improvement Melalui Kaji Ulang Manajemen : Persiapan Raih ISO 18001
  6. Pelatihan Internal Sistem Mutu
  7. Bimtek Peningkatan e-BPOM di BBPOM di Denpasar
  8. Audit Surveilan ISO 9001:2008 Oleh SAI Global Terhadap BBPOM di Padang
  9. Penerapan Continuous Improvement ISO 17025 : 2008 melalui Kaji Ulang Manajemen Tahun 2012
  10. Audit Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 BBPOM di Banda Aceh
  11. BBPOM di Padang direkomendasikan mendapat Sertifikat ISO 9001:2008 oleh Badan Sertifikasi URS
  12. Peringatan Maulid Nabi dan Syukuran Atas Diperolehnya Sertifikat ISO 9001:2008
  13. Bimtek SKI/SKE dalam rangka National Single Window (NSW)
  14. BBPOM di Manado Direkomendasikan Mendapat Sertifikat ISO 9001:2008
  15. Audit Sertifikasi QMS
  16. Audit Eksternal Sistem Manakemen Mutu ISO ISO 9001:2008
  17. Penyerahan Sertifikat ISO 14001:2004 dalam Rangkaian HUT Badan POM RI
  18. Pelatihan Sistem Manajemen Mutu Balai POM di Pangkalpinang
  19. Kegiatan Assesment oleh Lembaga Sertifikasi URS Pada BBPOM di Yogyakarta
  20. Efesiensi Kinerja Ka. Badan POM Memanfaatkan Vicon
  21. Sosialisasi QMS BBPOM di Padang
  22. Sosialisasi QMS dan Reformasi Birokrasi Tahap II BBPOM di Jakarta
  23. Sosialisasi QMS ISO 9001:2008 BBPOM di Medan
  24. Sosialisasi Sistem Manajemen Mutu 17025:2005
  25. Rapat Umum Perdana Tahun 2012 BBPOM di Manado
  26. Sosialisasi Reformasi Birokrasi di Balai Besar POM di Banda Aceh
  27. Satker Badan POM Pertama yang disertifikasi ISO 9001 : 2008 BBPOM di Palembang
  28. Peningkatan Kompetensi Pengawas Pangan Melalui On The Job Training
  29. Sosialisasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Sumber Daya Manusia
  30. Sosialisasi Pemanfaatan Infrastruktur TIK 2011
  31. Verifikasi Lapangan Tim Unit Pengelola Reformasi Birokrasi Nasional Ke Badan POM
  32. Workshop Nasional TIK 2011
  33. BBPOM di Padang Memperoleh Sertifikat ISO 9001 : 2008
  34. Penggalangan Komitmen Badan POM untuk melakukan Reformasi Birokrasi yang ditandai dengan penerapan QMS
  35. Pelaksanaan QMS ISO 9001:2008 BBPOM di Palembang
  36. Penyusunan Dokumen QMS Balai POM di Pangkalpinang
  37. Finalisasi Pembahasan dan Pengiriman Dokumen Mutu QMS
  38. Awareness dan Konsinyering QMS di Gorontalo
  39. Penerapan QMS, Pengesahan Instruksi Kerja (IK) Balai Besar POM di Palembang
  40. Finalisasi Perencanaan dan Pengembangan QMS BBPOM di Banda Aceh
  41. Finalisasi Dokumen Sistem QMS ISO 9001:2008
  42. Pengembangan QMS dalam Rangka Sinkronisasi ISO 9001 : 2008
  43. Penyusunan Dokumen QMS Balai Besar POM di Denpasar

 





:: Foto Kegiatan ::

Visi dan Misi

Visi Badan POM
Menjadi Institusi
Pengawas Obat dan
Makanan yang Inovatif,
Kredibel dan Diakui
Secara Internasional
untuk Melindungi
Masyarakat.


Misi Badan POM
1. Melakukan
Pengawasan
Pre-Market dan
Post-Market Berstandar
Internasional.

2. Menerapkan Sistem
Manajemen Mutu Secara
Konsisten.

3. Mengoptimalkan
Kemitraan dengan
Pemangku Kepentingan
di Berbagai Lini.

4. Memberdayakan
Masyarakat agar
Mampu Melindungi
Diri dari Obat dan
Makanan Yang Berisiko
Terhadap Kesehatan.

5. Membangun
Organisasi Pembelajar
(Learning Organization).

Fungsi Badan POM

Fungsi Badan POM
1. Pengaturan, Regulasi,
dan Standardisasi.

2. Lisensi dan
Sertifikasi Industri
di Bidang Farmasi
Berdasarkan Cara-cara
Produksi yang Baik.

3. Evaluasi Produk
Sebelum Diizinkan
Beredar.

4. Post Marketing
Vigilance Termasuk
Sampling dan
Pengujian Laboratorium,
Pemeriksaan Sarana
Produksi dan Distribusi,
Penyidikan dan
Penegakan Hukum.

5. Pre-audit dan
Pasca-audit Iklan
dan Promosi produk.

6. Riset Terhadap
Pelaksanaan Kebijakan
Pengawasan Obat
dan Makanan.

7. Komunikasi, Informasi
dan Edukasi Publik
Termasuk Peringatan
Publik.

  Total Visits :
     ° 1 User Online
Best   viewed   with
IE 4.0 or later.
(1024 x 768 pixel)

SiteMap
Badan POM (NA-DFC)
Jl. Percetakan Negara No.23 - Jakarta 10560 Indonesia
Telp: (021) 4244691/42883309/42883462, Fax: (021) 4263333
Email: Informasi@pom.go.id
Copyright 2010 Badan Pengawas Obat dan Makanan - Indonesia.
All rights reserved.